Chat with us, powered by LiveChat

Manchester United sedang dalam krisis Pangeran Saudi

Manchester United sedang dalam krisis Pangeran Saudi, Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman dilaporkan siap untuk melakukan upaya ketiga untuk membeli Manchester United, dengan tawaran terbarunya bernilai lebih dari £ 3 miliar (A $ 5,66 miliar).

Pemilik klub saat ini, keluarga Glazer dari Amerika Serikat, menyelesaikan pengambilalihan United yang kontroversial pada tahun 2005, tetapi telah berjuang untuk mempertahankan keberhasilan klub tenda dan telah membebani klub dengan hutang besar.

Sekarang salah satu anggota paling berpengaruh dari royalti Arab Saudi siap untuk membelinya – rp1judi dan menantang supremasi uang besar saingan lintas kota Manchester City.

Penggemar United telah melakukan protes berulang kali terhadap Glazers, termasuk sebelum imbang akhir pekan lalu melawan rival lama Liverpool.

Tetapi masih harus dilihat apakah Glazers akan menguangkan investasi mereka setelah 14 tahun bertugas.

Wakil ketua eksekutif United, Ed Woodward, secara terbuka menyatakan bahwa pemiliknya akan tetap untuk ‘jangka panjang’.

“Berdasarkan apa yang saya lihat, mereka di dalamnya untuk jangka panjang,” kata Woodward minggu lalu kepada fanzine United We Stand.

“Sehubungan dengan penawaran atau permintaan harga, pemahaman saya adalah bahwa belum ada diskusi untuk harga untuk klub atau hal-hal seperti itu.

“Setiap percakapan yang kita lakukan didasarkan pada jangka panjang.”

The Glazers membeli klub seharga £ 790 juta pada tahun 2005, tetapi nilai klub hampir empat kali lipat menjadi £ 3 miliar (A $ 5,66 miliar). Dan setidaknya satu anggota keluarga Glazer siap menguangkan.

Pemilik bersama Kevin Glazer sekarang siap untuk menjual 13 persen sahamnya di United, menurut laporan baru-baru ini.

Dia telah membuat sekitar £ 270 juta (A $ 510 juta) saham tersedia untuk umum di New York Stock Exchange (NYSE), dengan A $ 95 juta lebih lanjut juga di bawah kendalinya dan berpotensi untuk dijual.

Tetapi masih ada sejumlah pemilik bersama yang harus diyakinkan: Avram, Joel, Bryan, Edward dan Darcie Glazer, tepatnya.

Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman pertama kali dilaporkan tertarik untuk berinvestasi di klub tersebut pada Oktober 2018.

Pada saat itu, banyak laporan menyatakan bahwa ia mencari pengambilalihan penuh atau pembelian Glazer, dan bukan sebagian saham.

Bin Salman adalah anggota keluarga kerajaan Saudi yang sangat berpengaruh – House of Saud – yang diperkirakan bernilai A $ 2 triliun.

Kekayaan bersih Putra Mahkota diyakini sekitar A $ 13 miliar saja, lebih dari cukup untuk menutupi tawaran yang dilaporkan sebesar A $ 5,66 miliar.

Namun dia terlibat dalam kejatuhan dari pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi, yang menurut klaim CIA dilakukan atas perintah Bin Salman.

Buntut diplomatik global dari insiden itu menghentikan minat pengambilalihannya, tetapi tampaknya dia sekarang siap untuk mencoba lagi.

The Glazers menghabiskan £ 143,1 juta (A $ 270,2 juta) untuk transfer di luar musim, mengakuisisi Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire dan Daniel James.

Dan pelatih Ole Gunnar Solskjaer telah berjanji bahwa ia telah diberi dukungan keuangan dari pemilik untuk melanjutkan perekrutannya di bursa transfer Januari. Striker yang berpengalaman hampir pasti akan menjadi sasaran utamanya.

Tetapi pemilik baru hampir pasti akan meningkatkan pengeluaran mereka dalam upaya untuk mengangkat United dari tempat ke-14 mereka saat ini di tangga Premier League.

Dan sementara Solskjaer telah berulang kali mengatakan ia memulai proyek jangka panjang untuk mengubah klub – menetapkan jangka waktu tiga tahun untuk memiliki tim di antara yang terbaik di Eropa – kedatangan Bin Salman kemungkinan akan menyebabkan peningkatan tekanan pada Pelatih Norwegia mempercepat timeline itu.

Dan itu akan menambah lapisan intrik ekstra untuk derby Manchester, mengingat saingan lokal Manchester City dimiliki oleh figur Timur Tengah yang sangat berpengaruh dan kaya.

Pemilik kota, Sheikh Mansour bin Zayed, adalah anggota keluarga penguasa Abu Dhabi, senilai total gabungan sekitar A $ 1 triliun.

Mansour – Wakil Perdana Menteri UEA – memiliki kekayaan pribadi diperkirakan mencapai $ 32 miliar, lebih dari dua kali lipat dari bin Salman.

Di bawah kepemilikan Mansour – ia membeli klub pada 2008 seharga £ 210 juta – City telah menyelesaikan kenaikan luar biasa untuk menjadi salah satu klub elit Inggris.

Untuk penggemar Manchester United, kesepakatan pengambilalihan dari Putra Mahkota Mohammed Bin Salman dapat memberi mereka kesempatan untuk bergabung dengan City di antara tim-tim terhebat di dunia.

Dan enam musim setelah pensiunnya Sir Alex Ferguson, banyak yang akan percaya bahwa ini sudah waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *